JIBAS, Aplikasi Sistem Informasi Akademik yang Pantas



“Buat program tidak harus Programmer, jual program tidak harus bisa program,”  slogan ini terpajang rapi pada brosur Pelatihan Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS) yang di gelar oleh UKM PUSDIKOM Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid pada hari senin (22/4) kemarin.
UKM PUSDIKOM telah berhasil menggelar pelatihan JIBAS, pelatihan yang sebenarnya hanya memperkenalkan sebuah sistem informasi akademik ini berlangsung meriah. Antusias mahasiswa untuk mengikuti pelatihan ini juga bisa dikatakan luar biasa, hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta yang mencapai 107 orang.

Pada pelatihan ini penyaji menjelaskan tentang beberapa hal terkait dengan JIBAS, baik itu dari aspek teknis ataupun dari aspek tujuan diciptakannya aplikasi JIBAS. Dalam penjelasannya, Rosi yang merupakan penyaji pada pelatihan ini menjelaskan bahwa JIBAS ini merupakan aplikasi yang pembuatannya bertujuan untuk memajukan pendidikan di indonesia. “Tujuan dari pembuatan aplikasi JIBAS ini ialah untuk memajukan pendidikan di indonesia,” cetus dia seraya menunjuk layar LCD yang telah terpampang jelas tujuan dibuatnya aplikasi akademik tersebut.
Selain itu Rosi juga menyatakan bahwa JIBAS juga bertujuan untuk menyediakan sistem informasi yang lengkap dalam pengelolahan sistem informasi akademik. “Misi dari dibuatnya JIBAS ini adalah untuk menyediakan sistem informasi yang lengkap dalam sistem akademik sebuah lembaga pendidikan baik itu tingkat SD, SMP, SMA, ataupun lembaga pendidikan yang lainnya,” jelas Rosi dalam penyampaian materi yang berjalan sekitar tiga jam tersebut.
Tidak hanya dalam tujuannya, kelebihan dari aplikasi ini juga dijelaskan oleh Rosi. “Keunggulan yang pertama dari aplikasi JIBAS ini gratis (open source). Keunggulan yang kedua adalah dinamis, aplikasi ini bisa di kembangkan oleh masing-masing pengguna karena sifatnya prototype. Keunggulan yang ketiga adalah kelengkapan menunya, sehingga dalam pengelolahan sistem akademik di setiap lembaga pendidikan berjalan efektif dan mudah. ”Ungkap Rosi terkait dengan kelebihan-kelebihan aplikasi JIBAS.
Dari beberapa penjelasan yang telah dijelaskan oleh Rosi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa slogan “Buat program tidak harus Programmer, jual program tidak harus bisa program,” memang pantas jika disandingkan dengan aplikasi JIBAS.

1 komentar:

BAGI YANG INGIN MENYUMBANGKAN TULISAN, BAIK BERUPA BERITA, OPINI, TUTORIAL, PUISI, CERPEN ATAUPUN YANG LAINNYA, BISA LANGSUNG DI KIRIMKAN KE E-MAIL | misteriuspos@gmail.com | ATAU BISA LANGSUNG BERGABUNG DENGAN KAMI DI GRUP FACEBOOK misterius pos