Psikologi Berwajah Teknologi


Di abad 21 ini perkembangan teknologi tak bisa dihindari oleh penduduk bumi yang sudah berumur miliyaran tahun ini, dari yang masih terbelakang sampai dengan yang sudah mengenal banyak pengetahuan semuanya tergesek oleh teknologi. Perkembangannya pun memiliki manfaat untuk berbagai jenis bidang tak terkecuali bidang psikologi, walaupun ada juga sisi negatifnya. Dan untuk pembahasan kali ini kita tidak akan membahas dampak positif ataupun negatif teknologi terhadap psikologi saja, kita juga akan membahas tentang peran teknologi terhadap dunia pengetahuan ilmu psikologi.


Dalam dunia psikologi, teknologi juga sangat dibutuhkan untuk menunjang segala kegiatan yang ada dalam dunia psikologi. Selama beberapa tahun terakhir, telah ada banyak teknologi yang digunakan dalam psikologi seperti : Sensor untuk mengukur Psikologis, Software untuk melacak kesehatan emosional dan lainnya.

Penciptaan tentang penggabungan antara Psikologi dan Teknologi dalam akademik. Beberapa program akademik mulai beradaptasi dengan kepentingan yang berkembang di bidang psikologi dan gabungan teknologi. Hal juga merupakan sebuah indikasi bahwa untuk era ini psikologi dan teknologi sudah mulai bergesekan dan tentunya akan mengakibatkan dampak terhadap psikologi itu sendiri, baik itu yang positif ataupun yang negatif.

Jika berbicara dampak positifnya maka sangatlah gampang untuk menemukannya. Misalnya dalam pemuatan software-sofware yang berhubungan dengan analisis psikologi yang mampu memudahkan seorang psikater pada saat merawat kliennya.

Untuk dampak negatifnya MIT profesor Sherry Turkle, PhD  berpendapat dalam sebuah artikel majalah New Scientist Tech bahwa alat-alat teknologi yang mempengaruhi psikologis manusia. “Diri yang tumbuh dengan Multitasking dan respon cepat dengan mengukur keberhasilan panggilan yang dibuat,email menjawab, pesan menanggapi. Dalam kegiatan Buzz ini mungkin ada kerugian kita tidak siap untuk mempertahankan.” Tutur dia.

Dalam beberapa dekade belakangan ini, telah terjadi lonjakan minat dalam penyelidikan kesadaran sebagai konstruksi psikologis dan sebagai bentuk intervensi klinis. Kesadaran yang membawa tentang berbagai efek psikologis positif, termasuk subjek peningkatan kesejahteraan, mengurangi gejala psikologis, reaktivitas emosi dan regulasi perilaku. Dan ini semua merupakan pergeseran dunia psikologi yang sebenarnya juga dipengaruhi oleh teknologi itu sendiri.

0 komentar:

BAGI YANG INGIN MENYUMBANGKAN TULISAN, BAIK BERUPA BERITA, OPINI, TUTORIAL, PUISI, CERPEN ATAUPUN YANG LAINNYA, BISA LANGSUNG DI KIRIMKAN KE E-MAIL | misteriuspos@gmail.com | ATAU BISA LANGSUNG BERGABUNG DENGAN KAMI DI GRUP FACEBOOK misterius pos