Pelatihan Program Kreatif Mahasiswa, Peserta Membludak



Jumat (28/12/2012). BEM STT Nurul Jadd Paiton Probolinggo disibukkan dengan membeludaknya peserta Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di aula STT Nurul Jadid (08:00) tadi pagi. Panitia kegiatan pelatihan menyediakan tiga ruang kelas sekaligus dengan menambah kapasitas ruang mengingat terlantarnya mahasiswa yang berada di luar aula.


Bpk. Subandri mengatakan "jika peserta ini semakin banyak sebaiknya di tambahkan kursi saja, kita bisa pinjam ke LAB dan biar saya yang bertanggung jawab atas perpinjaman itu,"tandasnya saat di temui di depan Kantor Redaksi Al-Ghorizm.
“Panitia kegiatan tidak memprediksikan jumlah peserta yang sejatinya ratusan mahasiswa khususnya mahasiswa baru (maba) dengan kapasitas ruang yang kurang memadai, sehingga dampaknya para peserta ada yang di luar ruangan,” lanjud Pak. Subandri selaku keamanan kampus.

ACARA INTI
Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) baru bisa di mulai pukul (9/00) pagi hari mengingat derasnya hujan yang sedikit menghambat berjalannya kegiatan. Dalam kegiatan tersebut Ahmad Taufiq salah satu crew Al-Ghorizm menjadi penyaji pertama. Ahmad Taufiq menjelaskan panjang lebar dengan lugas dan mudah difaham terkait masalah PKM yang di jadikan tema Pelatihan tersebut. Ahmad Taufik Juga mengatakan “mahasiswa itu musti memiliki greget untuk memunculkan ide-ide kreatif, yang nantinya bisa kalian usulkan dan diskusikan dengan dosen,” katanya saat mengisi pelatihan PKM di aula STT Nurul Jadid.
Dr. Tirmidzi M.Pd juga menerangkan pentingnya ide-ide gila dari mahasiswa yang memang benar-benar memiliki greget untuk menggali skil mahasiswa itu sendiri. Sehingga bukan hanya lembaga yang harum namanya, melainkan juga mereka bayak memiliki peluang untuk melanjudkan ke jenjang selanjudnya.
Mahasiswa STT Nurul Jadid sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, sejatinya dalam sejarah tercatat di internal kampus kegiatan apapun itu yang di adakan UKM-UKM tidak pernah sebanyak dan semeriah itu. “bayangkan dari puluhan kursi yang ada di tiga ruang itu tidak dapat menampung peserta, padahal kegiatan-kegiatan sebelumnya dua ruang saja sudah syukur kalau itu bisa penuh. Tapi ini malah kekurangan kursi, banyak mahasiswa yang berada di luar ruang,” kata Presiden BEM STT Nurul Jadid saat memberikan penjelasan kepada SekitarKita.

“ini sejarah, rekor muri yang pernah ada di STT Nurul Jadid dengan jumlah peserta ratusan mahasiswa,"lanjudnya.
Kegiatan yang di gelar dari pagi hingga sore hari itu terdapat beberapa mahasiswa yang  bertanya dan memunculkan ide-ide gila terkait masalah PKM yang sejalur dengan prodi STT Nurul Jadid. Merekah dengan wajah garang penuh semangat dan keseriusan dengan harapan semoga bisa diberi jalan oleh lembaga, mengingat PKM masih terasa asing di hadapan mahasiswa.

“ide saya ingin membuat progaram pendeteksi kemalingan, karena di daerah rumah saya banyak pencuri sapi, sepeda motor dan lain sebagainya, dan itu untuk memecahkan masalhnya biasanya lewat duku, aatau kiyai. Keinginan saya teknologipun juga bisa memecahkan masalah tersebut” kata Joni Irawan mahasiswa semester I prodi TI ketika memaparkan ide-ide gilanya di tengah-tengah audien.

Bukan hanya Joni irawan saja yang menuangkan ide-ide gilanya kepada Dr. Tirmidzi M.Pd melainkan banyak dari mereka yang mengungkapkan ide-ide kreatifnya. Seperti halnya Rasih  mahasiswi semester I ia mengatakn “ingin menciptakan alat deteksi untuk mengetahui hasil panen tebu sebelum panen,” jelasnya. Dan banyak lagi ide-ide gila yang di ungkapkan peserta pada saat sesi pertnyaan dan usulan yang langsung dari Dr. Tirmidzi M.Pd.
Dr. Tirmidzi M.Pd menegaskan “bagi mahasiswa yang barusan menuangkan ide-ide gilanya langsung datang ke kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) saya tunggu kalian di sana,” tandasnya.

Dalam kegiatan pelatihan PKM yang diadakan oleh Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid, tidak hanya berhenti sesuai dengan jadwal penutupan kegiatan yang telah di tentukan, melaikan masih ada tindaklanjud langsung dari penyaji. Dr. Tirmidzi M.Pd sebagai ketua

0 komentar:

BAGI YANG INGIN MENYUMBANGKAN TULISAN, BAIK BERUPA BERITA, OPINI, TUTORIAL, PUISI, CERPEN ATAUPUN YANG LAINNYA, BISA LANGSUNG DI KIRIMKAN KE E-MAIL | misteriuspos@gmail.com | ATAU BISA LANGSUNG BERGABUNG DENGAN KAMI DI GRUP FACEBOOK misterius pos