Facebook Cegah Kreatifitas Mahasiswa



Siapa yang tak kenal Facebook ,Jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facbook.inc. Facebook Di buat oleh Salah Satu Mahasiswa Universitas Harvard yakni Mark Zuckerberg. Dia mampu Memiliki 1 milliyar Pengguna aktif di seluruh Dunia termasuk Di Indonesia sendiri berada di Peringkat 4 pengguna Facebook Terbanyak dengan jumlah 42juta Facebooker. Sedangkan Negara yang Memang maju dalam bidang keilmuanya seperti halnya jepang dan cina tidak Tercantum Pada Kategori 10 negara pengguna Facebook. 


Melihat Kenyataan Seperti Ini Sangat sulit untuk Memunculkan ide Kreatif Dan inovatif , Apalagi kemarin tanggal 28-12-2012 di kejutkan dengan kegiatan BEM STT Nurul Jadid Mengadakan Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa yang Merupakan Program Dari Dikti (Direktorat penguruan Tinggi) yang di ikuti sebagian besar mahasiswa semester satu(1) dan itu merupakan event dan kegitan yang sangat luar biasa, kenapa demikian karena disitulah langkah awal para Mahasiswa Akan Di kenalkan dengan PKM yang sangat . 

Dalam Pelatihan itu Panitia melibatkan dosen sendiri yang bergerak dalam bidangya sebagai penyaji. Keterkaitan facebook dengan Kreatifitas sangat Signifikan Sekali, diantaranya butuh waktu yang lama untuk memunculkan ide kreatif yang inovatif, sedangkan pada kenyataannya, hampir 95% mahasiswa lebih Gairah Membuka Facebook dari pada mereka harus pusing-pusing memikirkan PKM, ironisnya Bahkan saat belajar pun selalu menyempatkan diri hanya untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa patah kata facebook temannya, akibatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan Pemunculan ide yg inovatif yang sedang dipelajari pun tidak akan dipahami secara maksimal. 

Para pengguna jejaring sosial mengakui waktu belajar mereka memang telah tersita. Rata-rata para Mahasiswa pengguna jejaring sosial kehilangan waktu antara 1 – 5 jam sampai 11 – 15 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain jejaring sosial di internet.Dalam Pelatihan PKM tersebut juga di singgung atau bahkan di tekankan untuk memunculkan Ide-ide Gila dalam artian ide itu kreatif dan inovatif . Namun Sayangnya, Mereka tidak bisa berbagi waktu.

Oleh: Andika dika

0 komentar:

BAGI YANG INGIN MENYUMBANGKAN TULISAN, BAIK BERUPA BERITA, OPINI, TUTORIAL, PUISI, CERPEN ATAUPUN YANG LAINNYA, BISA LANGSUNG DI KIRIMKAN KE E-MAIL | misteriuspos@gmail.com | ATAU BISA LANGSUNG BERGABUNG DENGAN KAMI DI GRUP FACEBOOK misterius pos