Batu Bata Perjuangan



Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Itu yang harus dijawab oleh para pemuda yang hidup di muka bumi ini. Bukan suatu hal yang dilarang ketika kita melihat sejarah dan membanggakannya, namun tidak memberi efek yang positif atau ada kesombongan merupakan hal yang dikhawatirkan saat membaca Kronologi  sejarah tersebut. Melihat sejarah kita ibaratkan hanya sebatas melihat kaca spion saat berkendara, larut pandangan kita kepadanya dapat mengakibatkan lalainya kita pada hal didepan kita bahkan dapat celaka yang berbahaya.

          Semestinya kita melihatnya sebatas untuk mengetahui keadaan belakangan sehingga kita bisa melakukan pembenahan untuk kedepannya. Dan suatu hal yang perlu diperhatikan, sang pengedara terus berjalan kedepan dengan tujuan saat melihatnya atau tidak.  Tidak menjadi harapan para pendahulu saat batu-bata perjuangan yang telah dibangun oleh mereka berhenti ditangan kita.
          Bahkan kutukan yang besar saat kita seakan-akan menghancurkan bangunan telah dibangun tersebut. Artinya, batu-bata bangunan yang telah dibangun memang harus ada yang meneruskan serta memperjuangkannya demi menjadi suatu bangunan yang utuh. Estafet perjuangan ini pun tidak berhenti dan menemui kata asa dan puas sampai nyawa ini pergi meninggalkan jasadnya. Namun bukan keterpaksaan akan meneruskan perjuangan ini yang menjadi dorongan kita untuk bergerak, bukan pula sekedar mengisi kekosongan bangunan yang mungkin telah retak, apalagi hanya untuk sebuah eksistensi belaka yang diinginkan orang banyak. Tetapi yang menjadi pondasi dasar dalam meneruskan batu-bata perjuangan ini  adalah karena rasa syukur atas karunia potensi yang diberikan Allah kepada kita serta semangat beramal yang tak berjarak.
           Semua itu kita antarkan untuk sebuah cita-cita yang besar, baik bagi diri kita, keluarga, agama, bangsa dan negara kita untuk mencapai suatu kemerdekaan yang hakiki, dimana manusia hidup dalam lingkaran kehidupan yang damai dan madani.  Seperti yang di katakan bapak proklamator  RI. “ Berikan 10 pemuda , maka akan ku guncang dunia”.

0 komentar:

BAGI YANG INGIN MENYUMBANGKAN TULISAN, BAIK BERUPA BERITA, OPINI, TUTORIAL, PUISI, CERPEN ATAUPUN YANG LAINNYA, BISA LANGSUNG DI KIRIMKAN KE E-MAIL | misteriuspos@gmail.com | ATAU BISA LANGSUNG BERGABUNG DENGAN KAMI DI GRUP FACEBOOK misterius pos